Monday, April 09, 2007
Berubah…..


Kita sering bilang anti kemapanan, anti status quo, tapi tentang kebiasaan kita yang sudah bertahun-tahun kita kerjakan, mudahkah buat kita untuk mengubahnya….??? Bangun tidur misalkan, buat yg tidak terbiasa bangun pagi akan sangat sulit untuk terjaga disaat adzan subuh berkumandang, atau kebiasaan menggunakan tangan kanan dalam beraktifitas, akan sangat sulit untuk mengubahnya dengan tangan kiri dan kebiasaan kebiasaan yang lainnya.

Hal ini saya alami, ada niatan untuk membuat perubahan yang mungkin tidak terlalu berarti. Memulai mengoptimalkan tangan kiriku, mengurangi nonton TV dan mengumpulkan uang kembalian pecahan tertentu. Demi suatu perubahan tentunya…, sudah 3 bulan lebih mencoba bertahan tepatnya mulai awal tahun ini untuk berubah dan sangat sulit namun harus ttp berubah.

  1. Optimalkan tangn kiri..

Pekerjaanku menuntut untuk didepan PC (personal Computer) lebih dari 8 jam sehari dari jam 7 pagi sampe jam 18.00, dengan aktivitas pada keyboard dan mouse tentunya. Dan semenjak mengenal komputer selalu menggunakan tangan kanan. Awal tahun 2007, coba beralih dengan tangan kiri, yach dioptimalkan lah tangan kiri… sewaktu mencoba banyak sekali perubhan dan terlalu kaku, seperti orang yg baru pertama kali megang mouse dan beljar komputer, digeser ke kanan sedikit aja, terus kekiri balik kekanan, keatas.. terasa berat dan capek dan kaku sekali……… tapi demi sebuah perubahan harus ttp berjalan.

Kritikan pun datang dari berbagai tmen ketika meminjam Pcku dan banyak yang emosi, dipikirnya mousenya rusak dan dibanting-banting, setelah dikasih tau baru….. bisa mengerti. Dengan yang telah 3 bulan dan sudah mulai terbiasa, akan sedikit perlu jeda waktu untuk berfikir kitika sedang meminjam saya menggunakan dan menggerakan mouse dari PC-nya temen, yang sebagian besar (hampir 98%) menggunakan tangan kanan……L

  1. Mengurangi nonton TV

Kebiasaan nonton TV menjelang tidur sudah menjadi hal yang biasa sampe saya tertidur, selain hiburan dan berita banyak diperoleh dari TV. Namun ada yg kurang karena waktuku tersita untuk aktif nonton, dan banyak kegiatan yang terbengkalai, sudah coba dibatasi waktu menonton, tapi tetep saja g bisa. Akhirnya, bulan desember 2006, TV yang telah menemaniku 3 thn tak serahkan ke orang lain, sehingga tidak ada TV. Sempat merasa sepi, tapi akhirnya sudah terbiasa, karena untuk memperoleh berita bisa saya ambil dari internet, sedangkan hiburan bisa bekerja sambil mendengarkan radio, Tapi 1 hal yang tidak bisa digantikan oleh TV yaitu siaran langsung sepak bola……..L

Perubahan harus ttp berjalan…mengurangi or tanpa TV

  1. Nabung…

Mengumpulkan pecahan uang kembalian apa salahnya…sebagian kita punya kebiasaan untuk melupakan uang kembalian (sedikit acuh), hanya menyimpan dalam dompet, untuk kemudian dipakai lagi.

Dua tahun yang lalu, percobaan untuk mengumpulkan uang kembalian pernah dilaksanakan, dengan mengumpulkan setiap uang Rp 500, dan hasilnya ketika terkumpul, bingun untuk memanfaatkannya. akhirnya dibawa ke bank untuk ditabung, ternyata pihak bank tidak mao menerima, karena uang yang terkumpul belom dihitung dan dikelopokkan L (mao nabung kok susah) akhirnya masih ada teller yg baik hati dan membantu menghitungkan dan bisa ditabung....(walaupun untuk membawa uang logam pecahan 500 perlu tenaga extra..)

Awal tahun ini mencoba dengan nominal yang lebih besar, untuk mengumpulkan uang kembalian pecahan Rp 5000, dan selama satu bulan, tidak sengaja dapat lebih dari Rp 100000, … (lumyan nabung dengan tidak sengaja)… J

Hijrah untuh berubah

Guna mengukir sejarah Sejarah diri…

posted by anif @ 9:13 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me


Name: anif
Home: Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links

Telah Dikunjungi Kali
Template By
Free Blogger Templates